22 Desember 2008

Minuman Isotonik Bikin kanker+Lupus!!

Sudah pada tahu kan apa itu mnuman isotonik? Minuman Isotonik itu adalah minuman yang mengandung berbagai macam ion "ajaib" yang bisa bikin tubuh kita kembali segar setelah berolahraga.
Tapi ternyata selain mengandung ion-ion "ajaib" itu, ada beberapa minuman isotonik yang mengandung berbagai zat lain yang dapat menyebabkan penyakit lain!!!

Zat pengawet yang ada dalam minuman isotonik kemasan itulah yang berbahaya. Salah satunya bahan pengawetnya bisa menyebabkan penyakit sistemic lupus ery­the­matosus (SLE), penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Komite masyarakat Antibahan Pengawet (Kom­bet) kemarin merilis hasil risetnya ter­hadap 28 minuman dalam kemasan. Paling ba­nyak diteliti adalah minuman isotonik.

’’Ter­nyata sebagian besar minuman dalam kemasan mengandung bahan pengawet yang mem­ba­hayakan tubuh,’’ kata Ketua Kombet Nova Kur­niawan saat Konferensi Pers di Ho­tel Sari Pan Pasific, kemarin.

Penelitian Kombet yang disupervisi oleh Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan (LP3ES) Jakarta dila­ku­kan di tiga laboratorium. Yakni di Su­cofindo Jakarta, M-Brio Bogor, dan Bio-Formaka Bogor.

Ada dua zat pe­ngawet yang dicari dalam minuman kemasan, yakni natrium benzoate dan kalium sorbet. Riset tersebut dilakukan 17 Oktober hingga 3 November 2006.

Hasilnya, diklasifikasikan dalam empat kategori. Kategori pertama ada­lah produk yang tidak ditemukan bah­an pengawet natrium benzoate dan ka­lium sorbat. Yakni Pocari Sweat, Vita-Zone, NU Apple EC, Jus AFI, dan Sportion.

Kategori kedua, produk yang penga­wet natrium benzoat dan mencan­tum­kannya di label kemasan. Minuman yang masuk kategori ini adalah Freezz Mix, Ize Pop, Nihau Orange Drink, Zhu­ka Sweat, Amazone, Kino Sweat, Arin­da Sweat, Arinda Ice Coffee, Cafeta, Vzone, Pocap, Amico Sweat, Okky Jelly Drink, Deli Jus, dan Fruitsam.

Ada juga minuman yang mengan­dung dua pengawet, natrium benzoat dan kalium sorbat, tetapi hanya mencantumkan satu jenis pengawet. Yak­ni Mizone, Boy-zone, dan Zegar Isotonik. Yang paling parah adalah mi­numan yang mengandung pengawet tapi tidak mencantumkannya dalam la­bel kemasan. Minuman tersebut adalah Kopi Kap, Jolly Cool Drink, Zporto, Jungle Juice, Zestea, dan Mogu-mogu.

’’Kategori ketiga dan keempat masuk dalam kategori pembohongan publik,’’ kata Nova.

’’Tahun ini saja, di RS Hasan Sadikin Bandung, sudah terdapat 350 orang yang terkena SLE (sistemic lupus ery­the­matosus),’’ kata Nurhasan, Pe­neliti Lem­baga Konsumen Jakarta. Penyakit lain yang disebabkan oleh bahan pe­nga­wet minuman dalam kemasan ada­lah kanker.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar